Warga RT 042 RW.009 Kelurahan Loktabat Utara Banjarbaru. Gelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H

Banjarbaru, KabarBorneoRaya.Com

Dihadiri kaum muslimin dan muslimat warga RT.042 RW.009 Kelurahan Loktabat Utara Banjarbaru dan para undangan sekitarnya menenuhi Musholla Nurul Hikmah Banjarbaru tempat di gelarnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, (07/10/2023) malam. 

Acara diawali dengan pembacaan Maulid Habsyi/Simtud'durur dan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Muhammad Yasir.

Ceramah sekitar Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Tuan Guru Haji Marbawi Zamzam,L.C.

Maulid merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 28 September 2023.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan oleh seorang ibu bernama Aminah binti Wahab dan sang Ayah bernama Abdullah bin Abdul Muthalib.

Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di Makkah.  Nabi memperingati hari lahirnya dengan berpuasa setiap hari senin. Pada hakikatnya, Maulid Nabi tidak hanya sekedar pengingat sejarah bagi kaum muslimin. Akan tetapi juga sebagai pengingat umat muslim dengan sosok Nabi terakhir yang begitu mulia kehadirannya.

Menurut sejarah, Maulid Nabi pertama kali diadakan pada zaman Khalifah Mu'iz li Dinillah. Ia merupakan Khalifah Dinas Fathimiyah di Mesir yang hidup pada tahun 341 Hijriyah. Perayaan ini pula dilarang di masa Al-Afdhal bin Amir al-Juyusy, seorang perdana mentri Khalifah Al-Musta'ali Dinasti Fathimiyah.

Maulid Nabi kembali diperbolehkan pada masa pemerintahan Amir LiAkhamillah pada tahun 542 Hijriyah.

Momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal, diperingati dengan berbagai ekspresi, salah satunya di Indonesia untuk mencurahkan tanda kecintaan dengan Nabi Muhammad SAW.

Dengan demikian marilah kita meneladani sikap  kehidupan Nabi untuk selalu berbuat baik dan mulia. Marilah kita selalu bersyalawat atas Nabi dan selalu hidup penuh keberkahan. Demikian  Tuan Guru Haji Marbawi Zamzam,L.C. mengahiri ceramah singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (Hart/KBR.Com)

Posting Komentar

0 Komentar