Pemukulan Gong oleh Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor Menandai Dibukanya Pertikawan Regional Kalimantan 2023

Banjarbaru :Kiram Park KabarBorneoRaya.Com

Keindahan Alam dan area yang luas Lingkungan Kiram Park Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, terpilihnya tempat di gelarnya Kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti (Pertikawan) Regional Kalimantan 2023.

Kegiatan Pertikawan ini berselogan ULIN, yaitu Unggul Lestari Inspiratif.  Peserta berasal dari berbagai daerah di Kalimantan : Kalsel,Kalteng,Kaltim,Kalbar dan Kaltara dengan jumlah 670 peserta, yang dilaksanakan dari tanggal 8-12 November 2023.

Ketua Panitia Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti (Pertikawan) Regional Kalimantan tahun 2023 Kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana, ST,MT. mengungkapkan ragam kegiatan menarik dan edukatif, yaitu pelatihan kepemimpinan anak muda, kunjungan wisata, pameran dan bazar UMKM, Workshop dan bakti masyarakat.

Kegiatan Pertikawan terlaksana atas kerjasama dan gotong royong dengan pihak dinas terkait, UPT KLHK, KLHK Pusat, TNI dan Polri.

Acara Pembukaan dihadiri Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Forkopimda Kalsel, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan,Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara, Para Pimpinan Saka Kalpataru dan Pimpinan Wana Bakti Tingkat Daerah Kalimantan dan undangan lainnya serta peserta Pertikawan Regional Kalimantan 2023.  

Dirjen PTKL KLH, Dr.Hanif Faisal Nurofiq, S.Hut, MP. selaku Pimpinan Saka Wana Bakti dan Saka Kalpataru tingkat nasional mengatakan Pertikawan merupakan kegiatan lima tahunan secara regional di Indonesia, yaitu Sumatera,Jawa, Kalimantan,Bali,Nusa Tenggara,Sulawesi, Maluku dan Papua.

Semoga acara ini lebih sukses dan kami yakin dengan Kalimantan Selatan semua kegiatan berjalan lancar. Lokasi Kiram Park di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan bagian dari Geopark Meratus.

Diharapkan melalui kegiatan Pertikawan ini para Pramuka akan menjadi pionir dan tauladan yang merupakan prinsip-prinsip perlindungan sumberdaya alam dan ekosistem serta melakukan hidup ramah linkungan hingga ke generasi berikutnya. Demikian Hanif Faisal Nurofiq.

Gubernur Sahbirin Noor mengungkapkan masa lalu sebagai anggota Pramuka, betapa bermanfaatnya kegiatan kepramukaan.  Kegiatan untuk membentuk karakter dan bekal kehidupan masa depan yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sahbirin Noor mengemukakan dari filosofi Dasa Darma Pramuka yang tangguh dan membentuk landasan kuat keberhasilan para anggota Pramuka, karena Pramuka adalah Praja Muda Kirana yang artinya Jiwa Muda yang suka Berkarya, tentu dengan hal yang positif.

Disela sambutannya sekali- sekali Gubernur mengajak untuk mengajak melakukan gerakan tepuk Pramuka dengan seluruh peserta Pertikawan. 

Dalam kesempatan itu pula Gubernur Sahbirin Noor meminta kepada peserta termuda dan tertua untuk maju kedepan ke panggung utama. Terpilihlah keduanya peserta dari  Kontingen Provinsi Kalimantan Tengah Kota Palangkaraya. Tidak lupa kepada perwakilan peserta tersebut Gubernur berharap semoga jadilah generasi menghadap tahun 2045 menjadi Generasi Penerus Bangsa yang tangguh hingga prestasi terbaik untuk memimpin daerah yang kuat dan lebih baik. (Hart/KBR.Com)

Posting Komentar

0 Komentar