Menuju Era Baru : Transformasi Digital Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Banjarbaru

Banjarbaru : Kabarborneoraya.com

H. MUKHLIS, seorang Pemerhati UMKM dan juga Calon Legislatif Partai Amanat Nasional Nomor Urut 1 Kota Banjarbaru , memberikan wawasan mengenai strategi pengembangan UMKM, khususnya dalam konteks penerapan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing dan menghadapi tantangan pasar yang semakin kompleks.

Saat Awak Media datang ngobrol di salah satu cafe di Kota Banjarbaru, dalam suasana santai dia mulai obrolannya memberikan pandangannya mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu UMKM Kota Banjarbaru naik kelas.

H.Mukhlis melihat urgensi transformasi digital bagi UMKM, mengingat perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan pola konsumen yang semakin mengarah ke ranah digital. 

Dalam konteks ini, H.Mukhlis merinci langkah-langkah nyata untuk membantu UMKM Kota Banjarbaru naik kelas.

H.Mukhlis melanjutkan paparan obrolannya adalah memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pelaku UMKM terkait pemanfaatan teknologi digital. Ini mencakup pengenalan terhadap platform online, manajemen inventaris digital, hingga strategi pemasaran digital.

Selanjutnya, H.Mukhlis menekankan pentingnya pendampingan dan bimbingan terkait implementasi teknologi digital. Hal ini dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan pihak yang memiliki keahlian dalam dunia digital, seperti start-up teknologi atau konsultan bisnis digital. 

Pemanfaatan platform digital sebagai sarana pemasaran dan penjualan juga menjadi fokus, ujar Mukhlis.

Dengan bergabung dalam platform e-commerce lokal atau memanfaatkan media sosial, UMKM dapat lebih mudah terhubung dengan konsumen potensial.

Selanjutnya yang diusulkan adalah mendorong kolaborasi antar UMKM. Dalam era digital, kerjasama antar pelaku usaha dapat memperluas jangkauan pasar dan memberikan keuntungan bersama.

H.Mukhlis menyarankan UMKM untuk mengadopsi sistem pembayaran digital guna memudahkan transaksi dengan konsumen. Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga menciptakan efisiensi dalam pengelolaan keuangan usaha. 

H. Mukhlis melihat UMKM sebagai pilar ekonomi lokal yang harus diperkuat. Dengan mengambil langkah-langkah menuju transformasi digital, UMKM Kota Banjarbaru dapat memasuki era baru yang lebih modern dan siap bersaing di tingkat yang lebih luas. 

Melalui upaya bersama, UMKM dapat menjadi motor penggerak ekonomi lokal dan memajukan Kota Banjarbaru sebagai barometer provinsi di Kalimantan Selatan.

Dalam akhir obrolannya, H.Mukhlis sebagai Calon DPRD Kota Banjarbaru dari Partai PAN, tidak lupa berpesan kepada Warga Banjarbaru Utara dan Selatan untuk Pilih serta Coblos Tanda Gambar Nomor Urut 1 H.MUKHLIS. InsyaAllah siap menyalurkan inspirasi masyakarat untuk Kota Banjarbaru LEBIH BAIK. (Hart/KBR.Com).

Posting Komentar

0 Komentar