SINERGISITAS PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DENGAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

Banjarmasin : kabarborneoraya.com

Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) “Senyum Ceria” Kelurahan Alalak Selatan kembali melaksanakan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis bagi para lansia yang berada di Kelurahan Alalak Selatan.

Kali ini kegiatan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 09 Maret 2024, bertempat di Posyandu Lansia “Senyum Ceria” yang beralamat di Jalan HKSN Komplek Dasamaya 2 Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan posyandu lansia tersebut, selain melakukan pemeriksaan kesihatan/pengobatan gratis juga melakukan senam lansia dan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Zainal Abidin (Tokoh Agama setempat), juga melaksanakan makan gratis. 

Selain kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan paket sembako bagi para lansia dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin. 

“Alhamdulillah kegiatan kali ini, kita diberi bantuan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan berupa paket sembako sebanyak 133 paket dan di bantu juga oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin sebanyak 24 paket sembako”, ujar Syamsul Ma’rif/ Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria.  

Untuk bantuan paket sembako dari Pemerintah Provinsi di serahkan oleh Bapak Muhammad Rizky Fauzan, S.Ak (Pengolah Data Bidang Linjamsos) dan Bapak Akhmad Maulana, S.Mat (Pengelola Data Bidang Linjamsos)dan untuk peket sembako dari Pemerintah Kota Banjarmasin diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Bapak  Drs. Dolly Syahbana.

“Bantuan paket sembako yang diberikan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin sebanyak 24 paket dan diberikan khusus bagi mereka yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Banjarmasin dan paketnya pun sangat terbatas, kata Bapak Drs Dolly Syahbana. 

“Dan Alhamdulillah pemberian paket sembako tersebut juga dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga para lansia yang mendapatkan bantuan dapat terpenuhi”, tambahnya. 

 “Bantuan sembako yang diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan merupakan wujud kepedulian nyata kami kepada para lansia yang ada di Kalimantan Selatan, khususnya di Kota Banjarmasin”, ujar Bapak Muhammad Rizky Fauzan, S.Ak (Pengolah Data Bidang Linjamsos), 

“Apalagi saat menjelang Bulan Puasa, kami rasa ini sangat membantu bagi mereka para lansia khususnya yang membutuhkan, dimana mungkin ada beberapa sembako yang mengalami kenaikan harga”, ujar Bapak Drs Dolly Syahbana., dan diamini oleh Bapak Fauzan dan Bapak Maulana.  

Sementara di bagian terpisah, saat dihubungi Kepala Bidang Rehabilitasi di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Selamat Riadi, S.Sos.,mengatakan,”Bantuan itu diberikan oleh Bidang Linjamsos untuk para lansia, fakir-miskin, dhu’afa dan lain-lain, ujarnya. 

“Dan untuk Bidang Rehabilitasinya, adalah bidang saya yang menanganinya.

Di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan ada 4 (empat) bidang yang menangani masalah sosial dimasyarakat; 

1. Bidang Pemberdyaan Sosial. 

2. Bidang Rehabilitasi Sosial

3. Bidang Perlindungan dan Jaminan sosial (Linjamsos) 

4. Bidang Penanganan Bencana

“Ini adalah sinergisitas antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial masing-masing dalam hal wujud nyata kepedulian terhadap para lansia yang ada di tempat kami”, ujar Achoel (sapaan akrab Syamsul Ma’rif). 

“Kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor (Paman Birin), melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Bapak Muhammadun, AKS,. M.Ikom. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Banjarmasin, yaitu Bapak H. Ibnu Sina, S.Pi., M.Si., melalui Bapak Drs. Dolly Syahbana, selaku Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Atas bantuan paket sembako yang diberikan kepada para lansia dan kepada para kader lansia yang ada di Posyandu Lansia Senyum Ceria ini”, tambah Achoel. “ 

Semoga kedepannya kami dapat bekerjasama untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya, bukan hanya pemberian paket sembako bagi mereka yang memerlukan, tatapi juga dalam hal kegiatan sosial lainnya, seperti memberikan bantuan kepada masyarakat penyandang disabilitas, modal usaha bagi warga miskin dan lain-lain”, harap Syamsul Ma’rif. 

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para kader yang selama ini membantu kegiatan-kegiatan sosial lainnya selain Kegiatan Posyandu Lansia Senyum Ceria yang tanpa pamrih. Semoga apa yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang memerlukan mendapatkan imbalan pahala yang setimpal dari Allah SWT dan selalu sehat, sukses, lancar dan aman semuanya”, do’a Achoel. 

 Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pihak Puskesmas Alalak Selatan atas dukungan medisnya dan kepada semua pihak yang turut membantu, sehingga kegiatan berjalan sukses, aman dan lancar...(achoel rls) kbr

Posting Komentar

0 Komentar