Peresmian Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pencari Kerja Tahun 2024

Kabarborneoraya.com ; Kotabaru 

Kotabaru, 29 Mei 2024 - Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mengurangi angka pengangguran, Sekda Kotabaru Drs.H. Said Akhmad, M.M. resmi membuka acara pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja tahun 2024. Acara pembukaan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Mei 2024, di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru menyampaikan rasa syukur atas kehadiran semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Dia juga mengungkapkan pentingnya pelatihan kerja dalam mengembangkan kualitas SDM yang kompeten.

"Pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja," ungkapnya.

Acara pelatihan berbasis kompetensi ini diikuti oleh 96 orang peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Kotabaru. Mereka merupakan lulusan SMA/SMK/MA yang akan menjalani pelatihan dengan kejuruan yang beragam, seperti IT/Komputer Administrasi, Teknik Pengelasan, Teknik Listrik, dan Teknik Otomotif.

Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan pembinaan mental dan disiplin dari instruktur yang berasal dari anggota Kodim-1004, serta materi kejuruan dari instruktur BLK. Semua biaya pelatihan akan ditanggung oleh dana APBD Kotabaru, termasuk bahan teori dan praktek, pakaian praktek, pakaian olahraga, dan makan siang.

Beliau juga mendorong para peserta pelatihan untuk berani menjadi wirausaha muda setelah menyelesaikan pelatihan di BLK. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan menekan angka pengangguran di Kabupaten Kotabaru.

Dengan demikian, acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Sekda Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, M.M. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta dan masyarakat Kabupaten Kotabaru secara keseluruhan. ...(Ainah)


Editor : Mahdi 

Posting Komentar

0 Komentar