PRSTS Barakat Cangkal Bacari Kalsel Luluskan 97 Klien Program Penerima Manfaat Angkatan V

Kabarborneoraya.com : Banjarbaru 

Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bacari (PRSTS-BCB) Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan penutupan program kegiatan penerima manfaat atau klien angkatan V Tahun 2024 yang telah dijalani selama enam bulan terakhir di dua lokasi, yaitu untuk perempuan PRSTS-BCB 1 dan untuk laki-laki PRSTS -BCB 2

Plt.Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadum melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Selamat Riyadi,S.Sos,M.Ap, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kiranya para klien dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat setelah kembali ke keluarga dan kembali ke masyarakat.

"Selanjutnya dengan pengetahuan, ketrampilan, dan juga diberikan paket miodal usaha berupa peralatan sesuai dengan jurusan masing-masing. Saya berharap nantinya kalian bisa berhasil, sukses dan mandiri di masyarakat," kata Selamat Riyadi, Banjarbaru (25/6/2024).

Selamat Riyadi juga berpesan, agar menjaga serta dan pupuk terus etika dan sikap yang baik, yang sudah kalian dapatkan selama ini di panti. Karena sikap yang baik dan berusaha dengan sungguh-sungguh akan menjadi penentu kesuksesan dalam rangka mewujudkan citra atau nilai yang lebih baik di mata masyarakat dan kemandirian kalian.

Dan perlu di ingat, bahwa sikap yang mempunyai nilai yang sangat tinggi adalah kejujuran dan kesungguhan, dua sikap tersebut biasanya menjadi standar penilaian yang paling utama, oleh masyarakat. Semoga kalian menjadi orang yang terampil dan sukses, demikian ucap Selamat Riyadi.

Sementara itu Kepala Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari, Fathul Jannah,SS,M.A, menyebutkan jumlah peserta PRSTS-BCB angkatan V dari 13 Kabupaten/Kota sebanyak 97 orang klien. Perempuan 81 klien, laki-laki 16 klien.

"Banjarmasin 1 orang, Banjarbaru 1 orang, Banjar 5 orang, Barito Kuala 9 orang, Tapin 7 orang, Hulu Sungai Selatan 13 orang, Hulu Sungai Utara 11 orang, Hulu Sungai Tengah 12 orang, Balangan 11 orang, Tabalong 9 orang, Tanah Laut 7 orang, Tanah Bumbu 5 orang dan Kotabaru 6 orang", kata Fathul Jannah.

Bimbingan ketrampilan diikuti semua klien, yaitu ketrampilan inti dan ketrampilan tambahan.  Ketrampilan inti yaitu tata busana, tata rias, tata boga, bengkel motor dan barbershop.

Sedangkan ketrampilan tambahan berupa home industri sasirangan, seni musik, kewirausahaan, ketrampilan payet/airguci/aksesoris/manik, ketrampilan komputer, home industri kain perca, bordir, seni tari, vocal dan juga dilaksanakan kegiatan Praktek Belajar Kerja (PBK).

Ditambahkan Fathul, selain ketrampilan PRSTS-BCB juga memberikan bimbingan ketrampilan dasar dan bimbingan fisik, bimbingan mental dan bimbingan sosial serta bimbingan spritual keagamaan.

Fathul Jannah mewakili seluruh karyawan/karyawati, instruktur dan petugas PRSTS-BCB Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat jalan dan selamat berkarya semoga sukses.

Selanjutnya Kasi Pembinaan dan Resosialisasi, Drs.Asful Anwar,M.M, membacakan hasil rangking kelas angkatan V tahum 2024 ; terdapat 22 klien terbaik, yaitu :  Jamiatul Makkiyah (Balangan), Nurrismawati (HSS), Jamilatuzzahra (HSU),  Sarinah (HSS), Mariana (Balangan), Rizki Amalia (HSU), Chiky Olivia Hamid (Kotabaru), Muliyanti (HSS), Mawaddah (HST), Kharisma Al-Qadaria Nirmala Jelita (Tanah Laut), Damayanti (Kotabaru),  Mutiah (Balangan), Nur Jannatun Annisa (Tanah Bumbu), Wartinah (HST), Iva Nulpita (Kotabaru), Sri Rahayu (HST), Nor Syifa (HSS), Siti Maisyarah (Balangan), Muhammad Pakih (Banjar), Otto Iskandar Dinata (Kotabaru), Muhammad Ilham Ramadhan (Tanah Laut) dan Ahmad Rizki (Banjar)

Hasil kerja praktek tata boga dan tata busana, saat acara penutupan/pelepasan semua klien menggunakan hasil karya klien, nampak mereka bangga bisa menggunakan karya mereka dan bisa ditampilkan dan dinikmati para tamu-undangan. (Hart/KBR.Com).

Posting Komentar

0 Komentar