*Dukung Ketahanan Pangan Kapolsek Alabio Bersinergitas dengan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Sungai Pandan*

Kabarborneoraya.com : Amuntai 

Sektor Pertanian menjadi fokus utama pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Pertanian menjadi faktor yang amat strategis,merupakan basis ekonomi rakyat di pedesaan, menguasai kehidupan sebagian besar penduduk, menyerap bahkan separuh total tenaga kerja dan bahkan menjadi pengaman pada krisis ekonomi Indonesia.

Sebagian masyarakat Indonesia masih mengalami kerawanan pangan, dimana mereka tidak memiliki akses yang stabil terhadap pangan yg cukup dan bergizi. Kurangnya asupan gizi yang seimbang terutama pada anak - anak dapat menyebabkan Stunting dan gizi buruk.

“Ancaman iklim seperti kekeringan ekstrim akibat fenomena el Nino dan potensi krisis pangan dapat mengguncang sistem pangan, untuk itu diperlukan komitmen semua elemen terkait yaitu Pemerintah,TNI,Polri serta masyarakat Kecamatan Sungai Pandan”papar Widya Dewi,SP.,MP selaku koordinator Penyuluhan Kecamatan Sungai Pandan.

Inovasi SIIPP PANGAN yaitu Sistem Integrasi Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sungai Pandan Mendukung Ketahanan Pangan Nasional dibuat untuk meningkatkan kualitas SDM Pertanian sebagai faktor penggerak pembangunan pertanian. 

Kapolsek Sungai Pandan Ipda.Sulistiono S.Sos sangat mendukung dan berpartisipasi sebagai pengguna Inovasi. Dengan bergabung pada whatsApp Group SIIPP PANGAN sebagai bentuk dukungan tersebut maka aparat Polri bisa memantau dan mendapatkan informasi terkait keadaan sosial ekonomi masyarakat yang ada di 33 desa kecamatan Sungai Pandan.

Ketahanan Pangan identik dengan ketahanan negara, kami di hulu sedangkan aparat penegak hukum di hilir. Jika di hulu terjadi masalah, seperti kekurangan pangan, maka masalah akan muncul di hilir, keamanan dan ketertiban masyarakat akan terganggu, jadi semua pihak harus turun tangan mengurus pangan” kata Widya di sela2 forum silaturahmi yang dihadiri oleh Forkopincam Sungai Pandan.

Semua unsur yang terlibat dalam SIIPP PANGAN diharapkan bekerjasama dalam menjaga dan memastikan produksi serta stabilitas ketersediaan dan aksesibilitas pangan masyarakat terjaga dengan baik.

Disela-sela rapat koordinasi bidang Tanaman Pangan (Jumat 9 Agustus 2024) Kepala Dinas Pertanian kabupaten H.M.Haridi, SP,MP sangat mendukung inovasi SIIPP PANGAN “sebuah Inovasi itu akan bernilai bila bisa diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat” kata beliau.

Dengan adanya Inovasi SIIPP PANGAN ini bisa memudahkan dan mempercepat dalam penyebaran informasi yang bermanfaat khususnya bidang pertanian dan ketahanan pangan, mengintegrasikan seluruh elemen yang ada di sungai pandan untuk bisa memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi dan ketahanan pangan khususnya di kecamatan Sungai Pandan dan kabupaten Hulu Sungai Utara pada umumnya.(Hy/af/tri) (Kbr) 

Posting Komentar

0 Komentar