Yayasan Bilik Budaya Tapin Kembali Melaksanakan Tapin Art Festival 2024

Kabarborneoraya.com : Rantau 

PJ Bupati Tapin M Syarifuddin MPd, Sekretaris Daerah Dr H Sufiansyah MAP dan Ketua DPRD Tapin H Yamani SAK MM bersama Forkopimda lainnya secara resmi membuka Tapin Art Festival tahun 2024. Bertempat di Ruang Terbuka Publik, Sabtu (03/08)

Kemeriahan acara turut dihadiri Ketua TP PKK Masrupah, Ketua DWP Hj Mashuriyah, Ketua Gatriwara Hj Faridah Yamani, Pimpinan SOPD, Camat serta pimpinan perusahaan di kabupaten Tapin.

Acara pembukaan ditandai dengan penampilan seni tari kolaborasi dan seni Baladon dari sanggar tari bilik budaya Tapin serta ritual Batapak Mayang.

Imam Renaldi ketua panitia acara Tapin Art mengungkapkan, Tapin Art Festival dalam rangka menyelamatkan seni dan budaya Banua, dimana kegiatan ini diikuti ratusan pecinta seni dan budaya dari berbagai daerah di Kalimantan yang ikut memeriahkan Tapin Art Festival. 

Tapin art festival diisi dengan berbagai acara yakni parade tari, Fashion Karnaval, Mural, Bazar kerajinan kuliner UMKM serta penampilan artistik Bagasing, Dandang dalam instalasi lagu.

Acara ini sebagai sebagai wadah apresiasi bagi  bagi pelaku seni dan himpunan pertunjukan bagi pelaku seni untuk kemajuan industri di Kalimantan Selatan dan secara tidak langsung sebagai bentuk promosi untuk memperlihatkan wajah Kalimantan Selatan secara global.

Sementara itu PJ Bupati Tapin M Syarifuddin mengatakan, Tapin Art Festival dalam rangka memberikan hiburan kepada masyarakat serta memberikan kesempatan kepada pecinta seni dan budaya untuk menampilkan karya seni terbaiknya.

Kegiatan ini untuk memberikan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk mengembangkan seni tradisional, dengan harapan perkembangan seni dan budaya kita dapat terus kita pertahankan.

Untuk itu kita perlu adanya saran dan masukan dari perusahaan dan semua pihak, agar kedepan bisa dievaluasi dan bisa terus dilaksanakan dengan baik. Karena Tapin Art Festival satu - satunya di Tapin dan di provinsi Kalsel yang melaksanakan, dan Tapin Art tidak hanya diikuti oleh peserta dari Tapin, tapi juga dari Kalsel, Kalteng dan Kaltim.

"Kita berharap, kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan bisa lebih besar lagi dan kegiatan ini harus kita dukung bersama - sama". Tutup PJ Bupati...(Kbr)

Posting Komentar

0 Komentar